Pages

welcome

WELCOME TO MY BLOG

Sabtu, 31 Agustus 2013

NANAS SUBANG JADI FAVORIT WISATAWAN...

Tak lengkapnya rasanya jika berwisata ke Subang tanpa mencicipi buah khasnya, Nanas Si Madu. Sebab, Nanas si Madu ini memiliki keistimewaan dibanding nanas lainnya.

Maka tidak salah jika, selama libur lebaran, Nanas si Madu itu menjadi idola bagi ribuan pelancong yang berkunjung ke Subang, khususnya daerah selatan. Pada musim liburan ini, 1 pedagang mengaku melepas nanas hingga 1 kwintal.
Di wilayah Subang selatan, sepanjang jalan Kecamatan Jalancagak sampai Kecamatan Ciater pedagang nanas mudah didapati. Dengan memanfaatkan gubug semi permanen sisi jalan utama, puluhan pedagang nanas ini seakan berlomba menawarkan harga.

Ada 3 pilihan jenis nanas yang ditawarkan para pedagang ini, yakni nanas biasa, nanas kualitas sedang dan nanas kualitas terbaik (nanas simadu).

Salah seorang pedagang nanas, Leman (35) mengatakan untuk nanas kecil atau kualitas nanas biasa harganya Rp10 ribu per 4 buah,  nanas kualitas sedang harganya Rp15 ribu sampai Rp20 ribu per 4 buah dan untuk nanas simadu asli Rp50 ribu perbuah.

"Saya nanam nanas sendiri di lahan milik saya, jadi nanas yang saya jual diambil langsung dari kebun yang letaknya tidak jauh dari lapak tempat jualan saya," kata Leman , Selasa (13/8/2013).

Leman yang merupakan warga Kampung Cilimus Desa Cisaat Kecamatan Ciater tersebut sudah hampir 10 tahun berjualan nanas dan dirinya mengaku bahwa pendapatan yang dia peroleh setiap harinya mencapai Rp150 ribu. Dirinya memiliki satu hektar lahan yang ditanami nanas dan setiap harinya nanas bisa dia panen. "Biasanya sehari itu sekitar 1 kwintal nanas bisa terjual, itu kalau ramai," ucapnya.

Saat liburan datang, kata Leman, adalah berkah bagi dirinya dan puluhan pedagang lainnya. Sebab, mereka akan mendapat keuntungan bentambah dua kali lipat. "Alhamdulillah pendapatan saya bertambah jadi Rp300 perhari, lumayan buat makan anak istri," tuturnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar